Pages

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 23 Maret 2013

cara menumbuhkan gigi

Ditemukan, Cara Menumbuhkan Gigi dari Sel

TEMPO.CO, London--Sebuah tim peneliti dari King's College London mengambil sel-sel dari jaringan gusi orang dewasa dan mengkombinasikannya dengan sel tipe lain dari tikus untuk menumbuhkan sebuah gigi.

Mereka mengatakan, menggunakan sumber sel yang tersedia didukung kemajuan teknologi menjadikan penumbuhan gigi baru selangkah lebih dekat untuk diwujudkan. Meski demikian, dibutuhkan beberapa tahun penelitian lagi sebelum akhirnya para dokter gigi bisa menggunakan metode tersebut.

Penelitian lain berfokus pada penggunaan cangkok sel embrio untuk menciptakan yang disebut 'bioteeth'. Riset ini mengungkapkan bahwa metode tersebut bisa digunakan tetapi biayanya mahal dan tidak praktis untuk digunakan di klinik, ungkap para ilmuwan.

Dalam penelitian terbaru, para ilmuwan mengambil sel epithelial dari gusi pasien dan menumbuhkannya di dalam laboratorium serta mencampurnya dengan sel mesenchyme dari tikus. Sel mesenchyme ini dibiakkan untuk mendorong mereka menginstruksikan sel epithelial untuk mulai tumbuh menjadi sebuah gigi dengan akarnya.

Menggunakan transplantasi kombinasi sel ke dalam tikus, para ilmuwan bisa menumbuhkan gigi hibrida manusia/tikus yang dapat hidup terus, ungkap laporan yang dipublikasikan di Journal of Dental Research.

Ketua tim peneliti, Prof. Paul Sharpe mengatakan, sel mesenchyme bisa ditemukan pada sumber-sumber lain tetapi sulit untuk mendapatkan jumlah yang cukup. "Kemajuan yang kami dapatkan di sini adalah kami mengidentifikasi populasi sel yang bisa Anda bayangkan dilakukan di klinik. Saat ini kami berusaha dan mengidentifikasi cara mudah untuk mendapatkan mesenchyme," ujar dia seperti dikutip situs BBC 9 Maret 2013.

Ia menambahkan, "Tantangan besar berikutnya adalah mengidentifikasi cara untuk membiakkkan sel mesenchymal orang dewasa sehingga bisa mendorong pembentukan gigi, karena saat ini kami baru bisa membuat embrio sel mesenchymal untuk melakukannya."

Ditambahkan Prof Sharpe, diharapkan suatu saat, teknologi bisa menggantikan implant gigi yang tidak bisa memproduksi struktur akar natural. Selain itu, pergeseran dari makan dan gerakan rahang lainnya bisa menyebabkan tulang di sekitar penggunaan implant menjadi terganggu.

"Jika temuan ini bisa digunakan, biayanya akan sama dengan biaya implant gigi sehingga kita harus mencari cara untuk melakukannya secara mudah dan murah," kata Prof. Sharpe.

http://www.tempo.co/read/news/2013/03/13/060466666/Ditemukan-Cara-Menumbuhkan-Gigi-dari-Sel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

spiderman

Blogger news

animasi  bergerak gif
Sumber : http://www.blogzeng.com/2013/02/membuat-widget-animasi-spongebob.html#ixzz2PSsTVG6Q

kelelawar

About